Moh. Nurman Bagus Satrio, Rio and Raup Padillah, Raup (2018) PENGARUH PENGGUNAAN POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK PRASEKOLAH. BAJET, 1 (1). pp. 130-135. ISSN 25806599
Text
jurnal Rio.pdf Download (203kB) |
|
Text
041 HCP-NURMAN_PLAGIASI_1 (1).pdf Download (2MB) |
|
Text
peer review 1(2).pdf Download (1MB) |
Abstract
Bahasa memiliki peranan yang sangat fundamental pada kehidupan seseorang. Tanpa
bahasa seseorang akan sangat kesulitan dalam menyampaikan ide, pendapat, gagasan,
bahkan perasaan pada orang lain baik dalam bentuk verbal maupun non verbal. Usia dini
merupakan masa potensial (golden age) dalam perkembangan bahasa, oleh sebab itu usia
dini merupakan masa yang paling tepat dalam mengajarkan bahasa pada anak karena
termasuk dalam periode tumbuh kembang anak. Pentingnya kemampuan bahasa sejak dini
mengharuskan adanya upaya dalam pemaksimalan pembelajaran bahasa sejak dini
khususnya pada masa prasekolah anak. Media pop-up book dapat menjadi alternatif media
dalam memaksimalkan kemampuan bahasa anak sejak usia prasekolah. Hasil penelitian
yang telah dilakukan menunjukan bahwa penggunaan POP-UP BOOK dapat meningkatkan
kemampuan berbahasa anak prasekolah. Meningkatnya kemampuan berbahasa anak usia
prasekolah berdasarkan nilai thitung pada output menunjukkan angka 13,582 ini berarti terjadi
Peningkatan. Dengan db = n – 1 diperoleh db =19 pada taraf signifikan 5% maka didapatkan
ttabel =2,093 Dari hasil korelasi antara pretest dengan posttest, menghasilkan angka korelasi
0,913 dengan nilai probalibilitas di bawah 0,05 (nilai signifikan output analisis 0.000). Hal
ini menyatakan bahwa korelasi antara rata-rata pretest dengan rata-rata posttest
kemampuan berbahasa anak usia prasekolah adalah kuat dan signifikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Cek Plagiasi Jurnal Peer Review |
Divisions: | C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | perpus perpustakaan unibabwi |
Date Deposited: | 04 Mar 2021 05:30 |
Last Modified: | 10 Mar 2022 02:57 |
URI: | http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/484 |
Actions (login required)
View Item |