Analisis Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif

Rachmaniah Mirza H,S.Pd., M.Pd., Mirza (2023) Analisis Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9 (1): 2020. pp. 9-16. ISSN 2622 8688

[thumbnail of ARTIKEL-CP EMASAINS.pdf] Text
ARTIKEL-CP EMASAINS.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of TPJ EMASAINS.pdf] Text
TPJ EMASAINS.pdf

Download (648kB)

Abstract

Pemahaman matematis merupakan kemampuan seseorang dalam menyerap dan
menyampaikan kembali ide-ide matematika. Pemahaman matematis dapat dipengaruhi oleh cara
yang dimiliki seseorang dalam menerima, menyerap, dan menyampaikan kembali informasi
yang diterimanya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripstif dengan tujuan untuk
mengetahui pemahaman matematis siswa pada materi polinomial ditinjau dari gaya kognitif
Reflektif-Impulsif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif berdasarkan indikator yang telah
ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman matematis subyek dengan gaya
kognitif Reflektif sudah baik. Pemahaman tersebut ditunjukkan dari terpenuhinya indikator
pemahaman matematis, yaitu siswa dapat: (1) mengidentifikasi dan membuat contoh dan bukan
contoh; (2) menerjemahkan dan menafsirkan makna simbol serta kalimat matematis; (3)
memahami dan menerapkan ide matematis; dan (4) membuat suatu ekstrapolasi/perkiraan.
Sedangkan pemahaman matematis subyek dengan gaya kognitif Impulsif masih kurang baik.
Hal tersebut ditunjukkan dari belum terpenuhinya hampir semua indikator yang ditetapkan.

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus perpustakaan unibabwi
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:11
Last Modified: 06 Nov 2023 03:11
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/984

Actions (login required)

View Item View Item