Rachmaniah Mirza Hariastuti, Mirza (2023) ETNOMATEMATIKA HADRAH AL-BANJARI SEBAGAI BASIS MASALAH OPEN-ENDED. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3 (2): 2021. pp. 1-13. ISSN 2655-2345
Text
ARTIKEL-CP INDIKTIKA.pdf Download (4MB) |
|
Text
TPJ INDIKTIKA.pdf Download (649kB) |
Abstract
Open-Ended merupakan suatu bentuk masalah yang diformulasikan dengan
lebih dari satu penyelesaian. Pemberian masalah Open-Ended, khususnya pada
mata pelajaran matematika di sekolah dipandang perlu dilakukan. Hal ini
dikarenakan masih terdapat siswa yang belum mampu mengkoneksikan konsep�konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, salah satunya dengan budaya.
Etnomatematika merupakan matematika yang dipraktikkan dalam kelompok
budaya yang diidentifikasi sebagai masyarakat nasional, suku, kelompok buruh,
anak-anak dari kelompok usia tertentu serta kelas profesional. Hadrah Al�Banjari adalah salah satu budaya yang berkembang di Banyuwangi. Budaya ini
memuat beragam konsep matematika yang menarik untuk dijadikan basis
penyusunan masalah Open-Ended. Keliling dan luas lingkaran merupakan
konsep matematika dalam Hadrah Al-Banjari yang dapat diaplikasikan pada
masalah Open-Ended. Masalah ini diujikan pada tiga orang siswa kelas VII di
SMP Negeri 1 Glagah Banyuwangi. Metode pengumpulan data dilakukan
dengan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan secara kualitatif
berdasarkan indikator yang telah ditetapkan. Hasil analisis menunjukkan bahwa
ketiga subyek mampu mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui dan
ditanyakan dari soal, membuat dan menyusun model matematika dari masalah
yang diberikan dengan satu ide atau gagasan, menyusun minimal tiga strategi
atau pendekatan untuk menyelesaikan masalah, dan menjelaskan hasil
penyelesaian masalah sesuai permasalahan awal dengan kalimat sendiri.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Cek Plagiasi Jurnal Peer Review |
Divisions: | C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus perpustakaan unibabwi |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 02:36 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 02:36 |
URI: | http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/979 |
Actions (login required)
View Item |