feby Indriana Yusuf, Feby and Rachmaniah Mirza H,S.Pd., M.Pd., Mirza (2023) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. INDIKTIKA (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 2 (1): 2021. pp. 68-72. ISSN 2655-2345
Text
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
TPJ-Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar.pdf Download (635kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui
kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar visual,
auditorial, kinestetik pada materi aturan sinus dan cosinus. Penentuan responden
dilakukan dengan metode purposive sampling dan snowball sampling. Dari
setiap gaya belajar tersebut ditentukan masing-masing 3 subyek yang
komunikatif untuk dilakukan wawancara sebagai proses triangulasi.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Data dianalisis
secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) siswa dengan gaya belajar
visual dapat secara singkat menghubungkan benda nyata dan gambar ke dalam
ide matematika, serta melakukan penarikan kesimpulan dari pernyataan
matematika; (2) siswa dengan gaya belajar auditorial dapat mengubah kalimat
menjadi ide matematika, menjelaskan ide-ide matematika (rumus), mengubah
gambar peristiwa sehari-hari ke dalam simbol matematika, menjelaskan proses
penyelesaian soal, serta dapat melakukan penarikan kesimpulan; (3) siswa
dengan gaya belajar kinestetik dapat mengubah kalimat menjadi ide
matematika, menjelaskan ide matematika dalam bentuk gambar dan rumus,
serta mengubah gambar peristiwa sehari-hari ke dalam simbol matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Cek Plagiasi Jurnal Peer Review |
Divisions: | C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus perpustakaan unibabwi |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 07:33 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 07:33 |
URI: | http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/929 |
Actions (login required)
View Item |