feby Indriana Yusuf, Feby and Barep Yohanes, Yohanes (2023) Intrinsic Cognitive Load in Online Learning Model of School Mathematics 1 in Covid-19 Pandemic Period. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 9, 9 (2): 2021. pp. 59-69. ISSN 2502-4671
Text
Intrinsic Cognitive Load in Online Learning Model of School Mathematics 1 in Covid-19 Pandemic Period.pdf Download (3MB) |
|
Text
TPJ-Intrinsic Cognitive Load in Online Learning Model of School Mathematics 1ni Covid-19 Pandemic Period.pdf Download (647kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui munculnya Beban Kognitif Intrinsic dalam Pembelajaran Model
Daring pada Mata Kuliah Matematika Sekolah 1 ditengah Wabah Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian
Kualitatif Deskriptif dengan data yang diperoleh merupakan data kualitatif dari lembar observasi, angket belajar,
dan hasil wawancara. Pengecekan keabsahan pada penelitian ini menggunkan metode triangulasi dalam
penelitian. Subjek penelitian adalah Mahasiswa Universitas PGRI Banyuwangi Semester 2 tahun pembelajaran
2019/2020. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa Beban Kognitif Intrinsic dalam pembelajaran secara daring
pada mata kuliah Matematika Sekolah 1 ditengah wabah Covid-19 adalah Beban Kognitif yang disebabkan oleh
Element Interactivity dan Isolated/ interacting element yang terkandung dalam proses pembelajaran. Element
Interactivity berupa istilah-istilah atau konsep dalam pembelajaran matematika. Istilah atau konsep tersebut
contohnya adalah arti dari Pengetahuan, pengukuran baku, Pendekatan Matematisasi, Prinsip Jalinan, Konten,
Konteks, Kompetensi, Konsep Belajar PISA, Dekonseptualisasi, Pendekatan Sistem, Pendekatan Konseptual, dll.
Isolated/ interacting element ini terlihat dari mencari contoh implementasi dalam dunia nyata dan aktualisasi
kejadian di Indonesia. Contoh implementasi dalam dunia nyata merupakan suatu element yang berinteraksi pada
contoh keadaan nyata dalam praktik pembelajaran matematika. Penelitian yang dapat direkomendasikan untuk
kedepannya adalah perihal Pengelolahan Beban Kognitif Intrinsic dalam perkuliahan Daring. Menjadi pertanyaan
penelitian kedepan, apakah beban kognitif Intrinsic akan dapat berkurang dengan berjalannya waktu saat
mahasiswa sudah terbiasa dengan perkuliahan model daring?.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Cek Plagiasi Jurnal Peer Review |
Divisions: | C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus perpustakaan unibabwi |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 07:25 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 07:25 |
URI: | http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/928 |
Actions (login required)
View Item |