TEORI BEBAN KOGNITIF: PETA KOGNITIF DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATEMATIKA SEKOLAH

feby Indriana Yusuf, Feby and Barep Yohanes, Yohanes (2023) TEORI BEBAN KOGNITIF: PETA KOGNITIF DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATEMATIKA SEKOLAH. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10 (4): 2022. pp. 2215-2225. ISSN 2442-5419

[thumbnail of Teori Beban Kognitif Peta Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Pada Matematika Sekolah.pdf] Text
Teori Beban Kognitif Peta Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Pada Matematika Sekolah.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of TPJ-teori Beban Kognitif Peta Kognitif dalam Pemecahan Masalah pada Matematika Sekolah.pdf] Text
TPJ-teori Beban Kognitif Peta Kognitif dalam Pemecahan Masalah pada Matematika Sekolah.pdf

Download (633kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan Peta
Kognitif dalam pemecahan masalah berdasarkan teori beban kognitif. Penelitian dilakukan dengan tes
untuk melihat peta kognitif dari peserta didik. Peta kognitif didasarkan pada pengetahuan, masalah,
prosedur, dan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam peta kognitif mahasiswa dalam
pemecahan masalah dapat terlihat adanya beban kognitif yang muncul. Peta kognitif yang interkoneksi
antara pengetahuan, masalah, prosedur, dan konsep memiliki beban kognitif baik itu beban kognitif
intrinsic maupun germane. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa peta kognitif dalam penyelesaian
masalah terdapat beban kognitif yang muncul dalam perkuliahan Matematika Sekolah 1. Beban kognitif
muncul dalam setiap interkoneksi pengetahuan, masalah, prosedur, dan konsep.

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus perpustakaan unibabwi
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:20
Last Modified: 30 Oct 2023 07:20
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/927

Actions (login required)

View Item View Item