PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS ALTERNATIVE SOLUTIONS WORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

feby Indriana Yusuf, Feby (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS ALTERNATIVE SOLUTIONS WORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022.

[thumbnail of Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.pdf] Text
Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of TPJ-Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.pdf] Text
TPJ-Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.pdf

Download (651kB)

Abstract

Latar Belakang: pada penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya tingkat
kemampuan berpikir kreatif siswa, agar dapat mengatasi permasalahan tersebut harus
memperlakukan model pembelajaran yang dapat mengembangkan cara berpikir kreatif
matematis pada siswa yang berbasis lembar kerja siswa (LKS). Dengan dilakukan
pembelajaran seperti ini, secara tidak langsung siswa tersebut terlibat langsung dan
mulai menemukan ide-ide yang baru untuk menyelesaikan masalah yang ada.
Diharapkan dengan pembelajaran ini, siswa dapat termotivasi untuk memunculkan ide�ide yang bervariasi. Data yang digunakan pada penelitian ini didapatkan dari hasil test
tulis dan test wawancara pada kemampuan matematika siswa, sehingga hasil dari
penelitian ini adalah kelas yang siswa nya menggunakan LKS cara pembelajarannya
jauh lebih efiktif daripada kelas yang siswanya tidak menggunakan LKS.
Metode: dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif. Dengan
memperhatikan indicator yang sudah ditetapkan oleh peneliti. Dan juga untuk dapat
menganalisis cara berpikir kreatif siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk
mengetahui peningkatan berpikir kreatif siswa dengan pembelajaran berbasis LKS
2)untuk mengetahui interaksi antara pendekatan dengan kemampuan awal yang dimiliki
siswa
Hasil: penliti dapat menganalis setiap siswa, yang dapat menyelesaikan permasalahan
yang ada sesuai dengan pemahaman mereka atau sesuai kreatifitas mereka dalam
menyelesaikan permasalahan tersebut.
Kesimpulan: berpikir kreatif tidak hanya berguna dalam lingkup pendidikan saja, tetapi
sangat berguna juga dalam lingkup dunia kerja. Serta guru dapat memberikan
kesempatan untuk siswa agar mereka dapat menemukan cara untuk menyelesaikan
permasalahan yang dihadapi.

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus perpustakaan unibabwi
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:50
Last Modified: 30 Oct 2023 06:50
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item View Item