Lutfi Irawan Rahmat, Irawan (2023) Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Cerita Rakyat Watu Ulo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1 (1): 2022.
Text
sosiologi sastra.pdf Download (1MB) |
|
Text
TPJ 207.pdf Download (605kB) |
Abstract
Karya sastra yang dapat dijadikan sebagai sumber untuk memperluas wawasan dan
menanamkan nilai-nilai moral kepada pembacanya adalah cerita rakyat. Sebagai upaya
mendukung penyebarluasan dan pelestarian sastra daerah. Serta untuk mengetahui struktur
sosiologi sastra dan nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Watu Ulo di Kabupaten
Jember. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi
sastra dan nilai-nilai pendidikan karakter. Data dari penelitian ini bersifat verbal yaitu
perencana, pelaksana, pengumpul data, penganalisa, penafsir data, dari pernyataan tokoh berupa
dialog atau monolog, serta narasi yang terdapat dalam cerita rakyat watu ulo. Metode kualitatif
menggunakan jenis penelitian deskriptif, dalam arti peneliti berusaha mencari bukti-bukti yang
dialami dalam penalaran formal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data masyarakat Ambulu tentang nilai sosiologis dan pendidikan karakter.
pengungkapan peristiwa yang telah terbingkai dalam pola-pola secara kreatif dan imajinatif.
Dengan karya sastra sering dikenal kondisi, penggalan-penggalan kehidupan masyarakat,
seperti yang dialami, diamati, ditangkap, dan dirancang oleh pengarangnya. Sastra dan
masyarakat sangat erat kaitannya karena pada dasarnya keberadaan sastra seringkali bermula
dari permasalahan dan permasalahan pada manusia dan lingkungannya. Manifestasi sosial
budaya dan nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Skripsi Cek Plagiasi Jurnal |
Divisions: | D. Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | perpus uniba admin |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 06:32 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 06:32 |
URI: | http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/829 |
Actions (login required)
View Item |