MOh. Sabiq Irwan, Sabiq (2022) ANALISIS HUBUNGAN PERAN PEMIMPIN, BUDAYA ORGANISASI, DAN INOVASI PADA IKM BANYUWANGI. Journal pendidikan Ekonomi, 16 (2): 2021. ISSN 1907-9990
Text
jurnal JPE.pdf Download (32kB) |
|
Text
SK3I 416.pdf Download (979kB) |
|
Text
Plagiasi A.pdf Download (979kB) |
Abstract
Keterampilan manajemen (managerial skill) dan keterampilan teknis (technical skill) menentukan kebijakan dan strategi pemimpin dalam menjalankan organisasi. Pemahaman terhadap tugas yang diemban, dan dengan memahami karakteristik bawahannya, maka seorang pemimpin akan dapat memberikan bimbingan, dorongan serta motivasi kepada seluruh anggotanya terkait dengan bagaimana pengelolaan budaya organisasi dan inovasi yang dikembangkan dalam perusahaan sehingga akan berdampak pada kinerja organisasi atau perusahaan. Studi ini bertujuan untuk memberikan gambaran keterkaitan antara kepemimpinan, budaya organisasi, dan inovasi terhadap kinerja organisasi secara detail dengan sampel 79 pemimpin Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Banyuwangi. Keempat variabel dianalisis dengan Path analyzes menggunakan program SPSS. Hasil pengujian hipotesis dan analisis jalur menunjukan bahwa keempat variabel berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi. Seorang pemimpin harus bisa saling bekerja sama dengan karyawan (sharing) serta pemimpin harus selalu mengapresiasi terhadap aktivitas pengembangan teknologi baru yang dilakukan oleh karyawan, hal itu sesuai dengan temuan dalam penelitian ini bahwa walupun secara global variabel kepemimpinan dan inovasi berpengaruh signifikan namun kedua indikator diatas menjadi kelemahan dalam IKM Banyuwangi yang harus diperhatikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Cek Plagiasi Jurnal Peer Review |
Divisions: | B. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | perpus uniba admin |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 08:07 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 01:52 |
URI: | http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/661 |
Actions (login required)
View Item |