NALISIS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SINKRON DAN ASINKRON OLEH DOSEN PENGAJAR MATA KULIAH DASAR UMUM (MKDU) BAHASA INGGRIS

Nur Hasibin, Hasibin (2022) NALISIS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SINKRON DAN ASINKRON OLEH DOSEN PENGAJAR MATA KULIAH DASAR UMUM (MKDU) BAHASA INGGRIS. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1 (3): 2022. pp. 399-415. ISSN 2808-9650

[thumbnail of 4. ANALISIS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SINKRON DAN ASINKRON.pdf] Text
4. ANALISIS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SINKRON DAN ASINKRON.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of peer review 4.pdf] Text
peer review 4.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4.pdf] Text
4.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pada perguruan tinggi, mata kuliah bahasa Inggris adalah Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) yang wajib ditempuh oleh mahasiswa pada Program Studi Non Pendidikan Bahasa Inggris di semester awal. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik, maka dosen perlu mengunakan metode dan media pembelajaran yang tepat. Perkembangan teknologi pada saat ini banyak membantu proses pembelajaran jarak jauh (online). Pembelajaran online sinkron dan asinkron dianggap sebagai pembelajaran yang sesuai pada saat ini. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa penggunaan metode pembelajaran sinkron dan asinkron oleh dosen pengajar Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) Bahasa Inggrisdi Universitas PGRI Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, dan kuesioner (kuesioner close-ended questions dan open-ended questions). Hasil penelitian menunjukkan 100% responden (3 orang) menjawab sering menggunakan metode pembelajaran asinkron dan kadang-kadang menggunakan metode pembelajaran sinkron dikarenakan metode pembelajaran asinkron lebih sederhana, mudah digunakan, ruang waktu belajar yang tidak terikat, dan membutuhkan kuota internet lebih sedikit dibandingkan metode pembelajaran sinkron. Metode pembelajaran sinkron dan asinkron memang sesuai untuk digunakan pada situasi pandemi seperti sekarang ini. Namun kedua metode ini perlu dikombinasikan dengan pembelajaran tatap muka (luring) agar pembelajaran bahasa Inggris lebih efektif dan proses kegiatan belajar mengajar semakin optimal

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: A. Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: perpus perpustakaan unibabwi
Date Deposited: 19 Oct 2022 08:41
Last Modified: 19 Oct 2022 08:41
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/654

Actions (login required)

View Item View Item