Barep Yohanes, Yohanes (2022) BEBAN KOGNITIF INTRINSIC DALAM PEMBELAJARAN MATERI EKSISTENSI BILANGAN IRRASIONAL. JURNAL EDUPEDIA. pp. 1-12. ISSN 2614-4409
| ![[thumbnail of D1. Artikel Edupedia.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) | Text D1. Artikel Edupedia.pdf Download (438kB) | 
| ![[thumbnail of D2. cek plagiasi Artikel Edupedia.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) | Text D2. cek plagiasi Artikel Edupedia.pdf Download (3MB) | 
| ![[thumbnail of D. Edupedia 2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) | Text D. Edupedia 2.pdf Download (672kB) | 
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan munculnya beban 
kognitif intrinsic dalam pembelajaran materi eksistensi bilangan irrasional. Objek penelitian merupakan 
mahasiswa Universitas PGRI Banyuwangi prodi. Pendidikan Matematika angkatan 2018 tahun pembelajaran 
ganjil 2021/2022. Data yang diperoleh berasal dari observasi kegiatan pembelajaran, lembar catatan, wawancara, 
dan rekaman video pembelajaran. Penelitian mendapatkan hasil bahwa beban kognitif intrinsic dalam 
pembelajaran eksistensi bilangan irrasional disebabkan oleh elemen interaktivitas dan interaksi antar elemen 
interaktivitas. Elemen interaktivitas meliputi pembuktian kontradiktif, bilangan berpangkat, relatif prima, dan 
keterbagian bilangan. Interaksi antar elemen interaktivitas yaitu penarikan kesimpulan dari awal, keterbagian 
bilangan berpangkat 2 dan berpangkat 1, perbedaan nilai bilangan irrasional.
| Item Type: | Article | 
|---|---|
| Subjects: | Cek Plagiasi Jurnal Peer Review | 
| Divisions: | C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika | 
| Depositing User: | perpus perpustakaan unibabwi | 
| Date Deposited: | 28 Sep 2022 02:56 | 
| Last Modified: | 13 Dec 2022 03:13 | 
| URI: | http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/648 | 
Actions (login required)
|  | View Item |