BEBAN KOGNITIF INTRINSIC DALAM PEMBELAJARAN MATERI EKSISTENSI BILANGAN IRRASIONAL

Barep Yohanes, Yohanes (2022) BEBAN KOGNITIF INTRINSIC DALAM PEMBELAJARAN MATERI EKSISTENSI BILANGAN IRRASIONAL. JURNAL EDUPEDIA. pp. 1-12. ISSN 2614-4409

[thumbnail of D1. Artikel Edupedia.pdf] Text
D1. Artikel Edupedia.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of D2. cek plagiasi Artikel Edupedia.pdf] Text
D2. cek plagiasi Artikel Edupedia.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of D. Edupedia 2.pdf] Text
D. Edupedia 2.pdf

Download (672kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan munculnya beban
kognitif intrinsic dalam pembelajaran materi eksistensi bilangan irrasional. Objek penelitian merupakan
mahasiswa Universitas PGRI Banyuwangi prodi. Pendidikan Matematika angkatan 2018 tahun pembelajaran
ganjil 2021/2022. Data yang diperoleh berasal dari observasi kegiatan pembelajaran, lembar catatan, wawancara,
dan rekaman video pembelajaran. Penelitian mendapatkan hasil bahwa beban kognitif intrinsic dalam
pembelajaran eksistensi bilangan irrasional disebabkan oleh elemen interaktivitas dan interaksi antar elemen
interaktivitas. Elemen interaktivitas meliputi pembuktian kontradiktif, bilangan berpangkat, relatif prima, dan
keterbagian bilangan. Interaksi antar elemen interaktivitas yaitu penarikan kesimpulan dari awal, keterbagian
bilangan berpangkat 2 dan berpangkat 1, perbedaan nilai bilangan irrasional.

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus perpustakaan unibabwi
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:56
Last Modified: 13 Dec 2022 03:13
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item View Item