TEORI BEBAN KOGNITIF: PETA KOGNITIF DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATEMATIKA SEKOLAH

Barep Yohanes, Yohanes (0028) TEORI BEBAN KOGNITIF: PETA KOGNITIF DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATEMATIKA SEKOLAH. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. pp. 2217-2224. ISSN 2442-5419

[thumbnail of C1. ARTIKEL AKSIOMA.pdf] Text
C1. ARTIKEL AKSIOMA.pdf

Download (653kB)
[thumbnail of C2. Cek plagiasi Aksioma.pdf] Text
C2. Cek plagiasi Aksioma.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of C. Aksioma.pdf] Text
C. Aksioma.pdf

Download (669kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan Peta
Kognitif dalam pemecahan masalah berdasarkan teori beban kognitif. Penelitian dilakukan dengan tes
untuk melihat peta kognitif dari peserta didik. Peta kognitif didasarkan pada pengetahuan, masalah,
prosedur, dan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam peta kognitif mahasiswa dalam
pemecahan masalah dapat terlihat adanya beban kognitif yang muncul. Peta kognitif yang interkoneksi
antara pengetahuan, masalah, prosedur, dan konsep memiliki beban kognitif baik itu beban kognitif
intrinsic maupun germane. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa peta kognitif dalam penyelesaian
masalah terdapat beban kognitif yang muncul dalam perkuliahan Matematika Sekolah 1. Beban kognitif
muncul dalam setiap interkoneksi pengetahuan, masalah, prosedur, dan konsep

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus perpustakaan unibabwi
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:49
Last Modified: 13 Dec 2022 03:37
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item