Intrinsic Cognitive Load in Online Learning Model of School Mathematics 1 in Covid-19 Pandemic Period

Barep Yohanes, Yohanes (0028) Intrinsic Cognitive Load in Online Learning Model of School Mathematics 1 in Covid-19 Pandemic Period. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika). pp. 59-69. ISSN 2502-4671

[thumbnail of A1. ARTIKEL JIPM.pdf] Text
A1. ARTIKEL JIPM.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of A2. Cek plagiasi JIPM.pdf] Text
A2. Cek plagiasi JIPM.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of A. JIPM.pdf] Text
A. JIPM.pdf

Download (654kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui munculnya Beban Kognitif Intrinsic dalam Pembelajaran Model
Daring pada Mata Kuliah Matematika Sekolah 1 ditengah Wabah Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian
Kualitatif Deskriptif dengan data yang diperoleh merupakan data kualitatif dari lembar observasi, angket belajar,
dan hasil wawancara. Pengecekan keabsahan pada penelitian ini menggunkan metode triangulasi dalam
penelitian. Subjek penelitian adalah Mahasiswa Universitas PGRI Banyuwangi Semester 2 tahun pembelajaran
2019/2020. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa Beban Kognitif Intrinsic dalam pembelajaran secara daring
pada mata kuliah Matematika Sekolah 1 ditengah wabah Covid-19 adalah Beban Kognitif yang disebabkan oleh
Element Interactivity dan Isolated/ interacting element yang terkandung dalam proses pembelajaran. Element
Interactivity berupa istilah-istilah atau konsep dalam pembelajaran matematika. Istilah atau konsep tersebut
contohnya adalah arti dari Pengetahuan, pengukuran baku, Pendekatan Matematisasi, Prinsip Jalinan, Konten,
Konteks, Kompetensi, Konsep Belajar PISA, Dekonseptualisasi, Pendekatan Sistem, Pendekatan Konseptual, dll.
Isolated/ interacting element ini terlihat dari mencari contoh implementasi dalam dunia nyata dan aktualisasi
kejadian di Indonesia. Contoh implementasi dalam dunia nyata merupakan suatu element yang berinteraksi pada
contoh keadaan nyata dalam praktik pembelajaran matematika. Penelitian yang dapat direkomendasikan untuk
kedepannya adalah perihal Pengelolahan Beban Kognitif Intrinsic dalam perkuliahan Daring. Menjadi pertanyaan
penelitian kedepan, apakah beban kognitif Intrinsic akan dapat berkurang dengan berjalannya waktu saat
mahasiswa sudah terbiasa dengan perkuliahan model daring?.

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus perpustakaan unibabwi
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:32
Last Modified: 13 Dec 2022 03:35
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/645

Actions (login required)

View Item View Item