Sutami Dwi Lestari, Sutami (2022) Dampak Negatif Media Sosial Pasca Covid-19 pada Siswa: Analisis Perencanaan Kepada Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6 (2): 2021. pp. 13-17. ISSN 2477-5940
Text
4. Dampak Negatip.pdf Download (303kB) |
|
Text
094 Dampak negatif media sosial pasca covid-19 pada siswa; Analis perencanaan.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. Dampak negatif sosial media pasca covid-19 pada siswa.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penggunaan media sosial mengalami peningkatan pada masa pandemi covid-19. Penggunaan media sosial
yang berlebih dapat menimbulkan dampak negatif seperti kecanduan yang berujung pada tidak percaya diri, kecemasan
sosial, stres, turunnya interaksi sosial. Maka dari itu tujuan penelitian untuk menganalisis perencanaan kepala sekolah
dalam menanggulangi dampak negatif penggunaan media sosial pasca pandemi covid-19 di lingkungan pendidikan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian
ialah kepala sekolah di SD/MI PKM Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo. Data dikumpulkan menggunakan
kuisioner dan wawancara dengan bantuan google form. Berdasarkan analisis ditemukan hasil sebaagai berikut: 1.
Mengembangkan kurikulum dengan memetakan pengembangan KI-2 (Kopetesi Inti Sikap Sosial) agar dapat
menemukan materi dan tema yang akan diintegrasikan untuk meningkatkan sikap sosial siswa, 2. Berdiskusi dengan
guru terkait penggunaan model pembelajaran yang inovatif khusus meningkatkan kopetensi sikap (afektif), 3. Membuat
kebijakan tentang lebih menekankan penggunaan penilaian dan evaluasi di ranah kopetensi sikap (afektif). Diharapkan
dengan hasil ini perbandingan model pembelajaran dan pengembangan penilaian yang lebih mengarah pada ranah sikap
(afektif) pasca covid-19 dapat dilaksanakan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Cek Plagiasi Jurnal Peer Review |
Divisions: | A. Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | perpus perpustakaan unibabwi |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 06:22 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 06:22 |
URI: | http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/633 |
Actions (login required)
View Item |