Analisa Kesalahan Pengucapan Siswa-Siswi pada English Diphtongs Melalui Aplikasi Android “English Pronunciation by Kepham”

Sutami Dwi Lestari, Sutami and Wulan Wangi, Wulan (2022) Analisa Kesalahan Pengucapan Siswa-Siswi pada English Diphtongs Melalui Aplikasi Android “English Pronunciation by Kepham”. JIP ( Jurnal Inspirasi Pnedidikan ), 1 (10): 2020. pp. 12-20. ISSN 20889704

[thumbnail of 2. Analisa Pengucapan.pdf] Text
2. Analisa Pengucapan.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 092 Analisa kesalahan pengucapan siswa-siswi pada English Diphtongs melalui aplikasi android.pdf] Text
092 Analisa kesalahan pengucapan siswa-siswi pada English Diphtongs melalui aplikasi android.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Analisa kesalahan pengucapan siswa-siswi pada english diphtongs melalui aplikasi android.pdf] Text
2. Analisa kesalahan pengucapan siswa-siswi pada english diphtongs melalui aplikasi android.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memamparkan data dan mendeskripsikan kesalahan
pengucapan pada English Diphtongs pada siswa-siswa kelas X Jurusan Perikanan
(APHP dan APAT) di SMKN 1 Glagah, Banyuwangi dengan menggunakan
aplikasi android ―English Pronunciation, By Kepham‖. Penelitian ini
menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan beberapa langkah yaitu
identifikasi, kategori, analisis dan menyimpulkan data. Dalam pengumpulan data,
peneliti menggunakan tes pengucapan, kuessioner dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan persentase rata-rata kesalahan pengucapan pada diftong
adalah 55,60% dan persentase ini dikategorikan sebagai kategori ―sedang‖. Jenis
kesalahan pengucapan yang paling sering terjadi adalah substitutions sebanyak
513 kali untuk semua jenis diftong [eɪ], [aɪ], [ɔɪ], [aʊ], [əʊ], [ɪə], [eə], dan [ʊə].
Kesalahan pengucapan pada omissions terjadi 1 kali untuk diftong [eɪ] dan [əʊ].
Kesalahan pengucapan addition terjadi 1 kali pada diftong [eɪ]. Kesalahan�kesalahan tersebut terjadi karena 46 dari 58 responden atau 79,31% mengaku
bahwa mereka menggunakan smartphone untuk berinteraksi di dunia maya dan
berdiskusi tentang mata pelajaran lainnya bersama teman-teman mereka. Oleh
karena itu, mereka jarang dan bahkan tidak pernah menggunakan smartphone
untuk belajar bahasa Inggris secara mandiri.

Item Type: Article
Subjects: Skripsi
Cek Plagiasi
Jurnal
Divisions: A. Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: perpus perpustakaan unibabwi
Date Deposited: 08 Jul 2022 03:48
Last Modified: 08 Jul 2022 03:48
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item