STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK DI ERA NEW NORMAL UNTUK GURU SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH

Arfiati Ulfa Utami, Ulfa and Rachmaniah Mirza H,S.Pd., M.Pd., Mirza and tri mulyati, mulyati and Donny Setiawan, Setiawan (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK DI ERA NEW NORMAL UNTUK GURU SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5 (1). pp. 147-155. ISSN 2598-6147

[thumbnail of ARTIKEL LEARNING AUTONOMY.pdf] Text
ARTIKEL LEARNING AUTONOMY.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of CEK PLAGIASI-LEARNERS' AUTONOMY.pdf] Text
CEK PLAGIASI-LEARNERS' AUTONOMY.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PEER REVIEW LEARNERS' AUTONOMY.pdf] Text
PEER REVIEW LEARNERS' AUTONOMY.pdf

Download (832kB)

Abstract

Kegiatan sosialisasi strategi pembelajaran tematik di era new normal yang
dilaksanakan di ruang virtual bersama guru MI Roudlotut Tholibin, SDIT Al
Uswah 1, dan SDIT Al Uswah 2 merupakan salah satu solusi untuk memberikan
pemahaman serta keterampilan guru dalam mempersiapkan pembelajaran daring
selama masa pandemi COVID 19. Perubahan strategi pembelajaran dari tatap
muka langsung menjadi tatap muka daring banyak mengalami kendala, salah
satunya kondisi siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi sehingga tidak dapat
membeli paket data ataupun pulsa. Tujuan kegiatan sosialisasi strategi
pembelajaran tematik di era new normal adalah memberikan pemahaman dan
keterampilan bagi guru-guru MI/SD untuk menyiapkan pembelajaran mulai dari
membuat RPP, implementasi, serta evaluasi secara daring. Metode yang
digunakan adalah ceramah, diskusi, dan praktek. Hasil evaluasi kegiatan melalui
angket diketahui bahwa peserta telah memahami strategi pembelajaran dengan
sistem daring yang telah disampaikan. Penyampaian materi dalam kegiatan ini
relatif mudah dipahami. Peserta menunjukkan kemampuan dalam praktek
membuat contoh kuis dengan menggunakan platform Kahoot dan pengembangan
materi tematik menggunakan platform Camtasia. Peningkatan wawasan dan
pemahaman guru tentang stategi dan pengembangan media pembelajaran tematik
ini dianggap telah membantu permasalahan mitra terkait kurangnya pemahaman
guru tentang penerapan teknologi dalam pembelajaran dan keterbatasan
penguasaan guru dalam merancang strategi pembelajaran dan kemampuan
pembuatan media berbasis daring.

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: A. Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: perpus perpustakaan unibabwi
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:42
Last Modified: 14 Apr 2022 06:42
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item View Item