Eko Listiwikono, Eko (2022) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN OPERASI BENTUK AKAR BERDASARKAN GENDER. Transformasi-Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3 (1). pp. 35-63. ISSN 2549-1164
Text
399-Article Text-591-1-10-20190715.pdf Download (58kB) |
|
Text
PLAGIASI.pdf Download (1MB) |
|
Text
PEER REVIEW IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika sangat penting, tidak hanya
untuk mencapai tujuan umum pembelajaran matematika, tetapi juga untuk menciptakan
manusia berkualitas yang mampu menciptakan dan menguasai teknologi dimasa depan.
Indikator dari berpikir kritis adalah: focus (fokus); reason (alasan); inference
(menyimpulkan); situation (situasi); clarity (kejelasan); dan overview (tinjauan ulang).
Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis dan
mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal operasi
bentuk akar. Responden penelitian adalah 17 siswa di SMA Muhammadiyah 4 Songgon
kelas X IPA 2. Selanjutnya ditentukan subyek masing-masing 3 berdasarkan gender.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, dan dokumentasi.
Wawancara berfungsi sebagai triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa perempuan cenderung lebih kritis khususnya
dalam memecahkan masalah soal operasi bentuk akar. Siswa perempuan juga lebih benar
dan teliti dalam menyelesaikan soal tes. Sedangkan siswa laki-laki benar dalam
menyelesaikan soal, namun kurang teliti dalam menyelesaikan soal tes. Akibatnya ada
tahapan pengerjaan soal yang terlewatkan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Cek Plagiasi Jurnal Peer Review |
Divisions: | C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus perpustakaan unibabwi |
Date Deposited: | 12 Apr 2022 02:24 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 04:19 |
URI: | http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/603 |
Actions (login required)
View Item |