EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GRAFIK FUNGSI LOGARITMA DI SMAN 1 SINGOJURUH

Eko Listiwikono, Eko (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GRAFIK FUNGSI LOGARITMA DI SMAN 1 SINGOJURUH. : Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2 (2). pp. 64-75. ISSN 2549-1164

[thumbnail of 256-Article Text-397-1-10-20190116.pdf] Text
256-Article Text-397-1-10-20190116.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of PEER REVIEW EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE.pdf] Text
PEER REVIEW EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PLAGIASI.pdf] Text
PLAGIASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas
penggunaan metode creative problem solving terhadap hasil belajar peserta didik pada materi
grafik fungsi logaritma. Melalui penggunaan metode Creative Problem Solving diharapkan
peserta didik dapat memahami materi pelajaran dengan mudah.Sehingga peserta didik
mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Penentuan responden dilakukan dengan metode
random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan
menggunakan uji-t sampel tak bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan
metode creative problem solving efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi
grafik fungsi logaritma. Pembelajaran terlaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkah
pada RPP. Efektivitas ditunjukkan dari hasil observasi peserta didik yang mendapat
persentase 76,25% yaitu artinya dalam kategori baik, hasil uji efektivitas menunjukkan
bahwa 푡௛ ௜௧௨௡௚ = 6,859 > 푡௧௔௕௘௟ = 2,309. Maka 퐻ଵ diterima, artinya metode creative
problem solving efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi grafik fungsi
logaritma.

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus perpustakaan unibabwi
Date Deposited: 11 Apr 2022 07:46
Last Modified: 08 Aug 2022 04:32
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item View Item