MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 NEGARA DENGAN PENDEKATAN DRIL

Eko Listiwikono, Eko (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 NEGARA DENGAN PENDEKATAN DRIL. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 1 (1). pp. 35-43. ISSN : 2722-3612

[thumbnail of 4-Article Text-613-1-10-20220408.pdf] Text
4-Article Text-613-1-10-20220408.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of PEER REVIEW MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA.pdf] Text
PEER REVIEW MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PLAGIASI.pdf] Text
PLAGIASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh: (1) hasil belajar siswa
masih tergolong rendah; (2) Aktivitas belajar siswa kurang aktif; (3) metode
pembelajaran guru cenderung masih konvensional; dan (4) siswa belum
memiliki motivasi belajar yang baik. Kondisi ini ingin diubah melalui penerapan
pembelajaran dengan pendekatan Dril. Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui tingkat efektivitas penerapan pembelajaran dengan pendekatan dril
dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Matematika.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus
dengan langkah-langkah pokok: planning, acting, observing, reflekting dengan
selalu melakukan revisi tindakan untuk menemukan hasil yang lebih baik atau
akurat. Pengolahan datanya menggunakan teknik deskriptif analitis.
Dengan prosedur penelitian tindakan yang dilakukan, ditemukan hasil
sebagai berikut: (1) aktivitas belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Negara pada
semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan pembelajaran
dengan pendekatan dril mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari hasil
pengamatan keaktifan belajar siklus I, dan II dengan rata-rata dari 77% menjadi
94% (2) Penerapan pembelajaran dengan pendekatan dril dapat dikatakan
efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran
Matematika siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Negara pada semester ganjil tahun
pelajaran 2017/2018yang dibuktikan dari hasil penelitian pada siklus I, dan II
dengan rata-rata kelas meningkat, yaitu: dari 76 menjadi 78 serta ketuntasan
belajar klasikal juga meningkat, yaitu: dari 67 %, menjadi 86%.

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus perpustakaan unibabwi
Date Deposited: 11 Apr 2022 07:20
Last Modified: 08 Aug 2022 04:24
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/599

Actions (login required)

View Item View Item