Eko Listiwikono, Eko (2022) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN METAKOGNITIF CALON GURU MATEMATIKA DALAM PENYELESAIAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2 (1). pp. 23-36. ISSN 2549-1164
Text
247-Article Text-379-1-10-20190116.pdf Download (108kB) |
|
Text (PEER REVIEW)
PEER REVIEW IDENTIFIKASI KEMAMPUAN METAKOGNITIF CALON GURU MATEMATIKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (CEK PLAGIASI)
PLAGIASI IDENTIFIKASI KEMAMPUAN METAKOGNITIF CALON GURU MATEMATIKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif dengan tujuan untuk
mendeskripsikan kemampuan metakognitif mahasiswa Program Studi Pendidikan
Matematika Universitas PGRI Banyuwangi angkatan 2014 dan 2015 berdasarkan gaya
belajar. Dengan mengetahui kemampuan metakognitif mahasiswa sesuai gaya belajarnya
diharapkan mahasiswa mampu merancang, memantau, dan merefleksikan proses belajar
secara sadar, sehingga akan menjadi lebih percaya diri dan lebih mandiri dalam belajar.
Penentuan subyek dilakukan dengan metode purposive sampling dan snowball sampling.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, dokumentasi dan wawancara. Data yang
diperoleh dianalisis secara kualitatif berdasarkan indikator yang telah ditentukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kemampuan metakognitif subyek dengan
gaya belajar visual sudah memenuhi kriteria M1 (mampu menuliskan rencana penyelesaian),
tetapi belum memenuhi kriteria M2 (mampu menyelesaikan soal dengan langkah yang tepat)
dan M3 (mengevaluasi hasil pekerjaan). Kemampuan metakognitif subyek dengan gaya
belajar auditori sudah memenuhi kriteria M1 dan M2, tetapi belum memenuhi kriteria M3.
Kemampuan metakognitif subyek dengan gaya belajar kinestetik sudah memenuhi kriteria
M1 dan M2, tetapi belum memenuhi kriteria M3.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Cek Plagiasi Jurnal Peer Review |
Divisions: | C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus perpustakaan unibabwi |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 03:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 03:58 |
URI: | http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/598 |
Actions (login required)
View Item |