Siti Napisah, siti (2022) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE POSITIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA DI UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi model cooperative positive learning dengan pendekatan humanistik eksistensial dalam meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa. Metode penelitian menggunakan kualitatif, dimana subjek dib, 10 (2). pp. 271-279. ISSN 2086-6135
Text
12. CPL DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI.pdf Download (582kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi model
cooperative positive learning dengan pendekatan humanistik eksistensial dalam
meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa. Metode penelitian menggunakan kualitatif,
dimana subjek diberikan empat tahapan kegiatan dengan 16 kali pertemuan, empat
kegiatan yaitu who am i? (siswa memahami diri sendiri dengan menuliskan kelebihan
dan kekurangannya), i cant see it.(siswa menganalisa sebuah film), My Wonderfull
Culture (siswa membuat video perjalanan tiga tahun lalu dan tiga tahun ke depan), Iam
Promise (siswa membuat target capaian). Dari setiap selesai kegiatan subjek membuat
refleksi diri. Tahap pelaksanaan pada penelitian ini antara lai :a) Perencanaan, b)
Pelakasanaan, c) Pengamatan, wawancara, evaluasi interpreatasi dilakukan secara
bersama. Secara keseluruhan model cooperatif positive learning dengan pendekatan
humanistik eksistensial dapat meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa di Univesitas
PGRI Banyuwangi secara bertahap. Kesimpulan pada hasil penelitian ini adalah
metode cooperatif positive larning dengan pendekatan humanistik eksistensial dapat
digunakan untuk membantu mahasiswa dalam meningkatkan kepercayaan diri.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah peneliti lakukan, metode cooperatif positive
learning dengan pendekatan humanistik eksistensial dapat digunakan untuk membantu
mahasiswa yang kurang percaya diri. Hal tersebut dibuktikan pada hasil pengamatan
pada keempat tahap kegiatan yang secara keseluruhan dilakukan 16 kali pertemuan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Jurnal |
Divisions: | B. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | perpus perpustakaan unibabwi |
Date Deposited: | 01 Mar 2022 03:21 |
Last Modified: | 01 Mar 2022 03:21 |
URI: | http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/564 |
Actions (login required)
View Item |