PENGEMBANGAN TEST OF SCIENTIFIC LITERACY SKILLS(TOSLS) DALAM PENILAIAN PEMBELAJARAN IPA

Arfiati Ulfa Utami, Ulfa and Indra Kusuma Wardani, Kusuma PENGEMBANGAN TEST OF SCIENTIFIC LITERACY SKILLS(TOSLS) DALAM PENILAIAN PEMBELAJARAN IPA. Seminar Nasional Pendidikan Sains 2019. ISSN 2407-4659

[thumbnail of PROSIDING UNS.pdf] Text
PROSIDING UNS.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of Hasil Peer Review(4).pdf] Text
Hasil Peer Review(4).pdf

Download (532kB)
[thumbnail of Hasil Plagiasi JURNAL UNS.pdf] Text
Hasil Plagiasi JURNAL UNS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penilaian merupakan bagian dari proses belajar mengajar. Penilaian bertujuan untuk mengetahui penguasaan
peserta didik terhadap fakta, konsep, prinsip, dan hukum-hukum dalam IPA serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari. Peserta didik diharapkan dapat menggunakan pemahamannya untuk membuat
keputusan serta mampu bersaing di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Test
of Scientific Literacy Skills (TOSLS) yang valid dan efektif. Penilaian pembelajaran IPA dilakukan dengan
cara menerapkan Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS). Sasaran penelitian adalah peserta didik kelas VII.2
SMPN 1 Srono Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 3D dan desain
ujicoba one group pre test post test. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penilaian
pembelajaran IPA menggunakan menggunakan Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS) diperoleh presentase
62,52 yang berkategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas dari pengembangan Test of
Scientific Literacy Skills (TOSLS) diperoleh bahwa tes valid dan reliable. Berdasarkan hasil dan temuan�temuan, disimpulkan bahwa penilaian pembelajaran IPA melalui pengembangan Test of Scientific Literacy
Skills (TOSLS) yang telah dikembangkan dan diujicobakan tergolong valid dan efektif sebagai alat ukur
pembelajaran IPA.

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: E. Fakultas Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: perpus perpustakaan unibabwi
Date Deposited: 10 Jan 2022 09:02
Last Modified: 10 Jan 2022 09:02
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item View Item