Evaluasi Pembelajaran IPA di SMP

Arfiati Ulfa Utami, Ulfa and Indra Kusuma Wardani, Kusuma Evaluasi Pembelajaran IPA di SMP. Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi.

[thumbnail of Prosiding MIPA UNIBA 2019.pdf] Text
Prosiding MIPA UNIBA 2019.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of Hasil Plagiasi PROSIDING UNIBA.pdf] Text
Hasil Plagiasi PROSIDING UNIBA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Hasil Peer Review(3).pdf] Text
Hasil Peer Review(3).pdf

Download (557kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran IPA di SMP Negeri 1
Srono, Kabupaten Banyuwangi, menggunakan model CIPP (Contexs, Input, Process, Product).
Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta dianalisis secara
deskriptif kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan pembelajaran
IPA berkategori baik (88%) berdasarkan kesesuaian antara Rencana Program Pembelajaran
(RPP) dengan standar proses pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran IPA berkategori
sangat baik (93%) yang ditunjukkan dari kesesuaian antara pelaksanaan pembelajaran dengan
standar proses pelaksanan pembelajaran, (3) hasil belajar peserta didik telah memenuhi
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan aktualitas ketercapaian 91% yang berkategori
sangat baik, dan (4) terdapat kesesuaian antara perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar
IPA yang berkategori yang sangat baik (96%) dimana guru melaksanakan pembelajaran sesuai
standar proses sehingga pelaksanaan pembelajaran berlangsung efektif.

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: E. Fakultas Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: perpus perpustakaan unibabwi
Date Deposited: 10 Jan 2022 08:58
Last Modified: 10 Jan 2022 08:58
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item