Arfiati Ulfa Utami, Ulfa PENGEMBANGAN INSTRUMEN Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS) BERBASIS DARING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENGUKUR LITERASI SAINS. Pengembangan Instrumen Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS) Berbasis Daring Pada Pembelajaran IPA Untuk Mengukur Literasi Sains, 11 (2). pp. 83-89. ISSN 2406-7393
Text
Jurnal Lensa.pdf Download (291kB) |
|
Text
Hasil Plagiarisme JURNAL LENSA.pdf Download (1MB) |
|
Text
Hasil Peer Review(1).pdf Download (672kB) |
Abstract
Pentingnya mengukur literasi sains pada pembelajaran IPA merupakan salah satu
capaian pembelajaran dalam menganalisis permasalahan dalam kehidupan nyata.
Tujuan penelitian adalah mengembangkan instrumen penilaian Test of Scientific
Literacy Skills (TOSLS) berbasis daring yang akurat digunakan sebagai salah satu
bentuk inovasi instrumen pada pembelajaran IPA. Penelitian ini termasuk penelitian
pengembangan menggunakan model 4-D. Subjek uji coba yaitu siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Srono, Kabupaten Banyuwangi. Hasil penelitian yaitu (1) Terdapat 40 soal
yang dapat dikatakan valid, (2) Nilai koefisien alpha menunjukkan bahwa nilai
reliabilitas 0,8 yang berarti instrument dapat dikatakan baik dan reliable, (3) Hasil
ujicoba diperoleh rata-rata dari indikator I dan II yaitu 62,84. Terdapat skor tertinggi
yaitu 80,92 pada indikator mengidentifikasi argument saintifik yang tepat, dan
terdapat skor terendah yaitu 40,91 pafa indikator membuat grafik data.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Cek Plagiasi Jurnal Peer Review |
Divisions: | E. Fakultas Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian |
Depositing User: | perpus perpustakaan unibabwi |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 08:34 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 08:34 |
URI: | http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/521 |
Actions (login required)
View Item |