PENGEMBANGAN INSTRUMEN Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS) BERBASIS DARING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENGUKUR LITERASI SAINS

Arfiati Ulfa Utami, Ulfa PENGEMBANGAN INSTRUMEN Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS) BERBASIS DARING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENGUKUR LITERASI SAINS. Pengembangan Instrumen Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS) Berbasis Daring Pada Pembelajaran IPA Untuk Mengukur Literasi Sains, 11 (2). pp. 83-89. ISSN 2406-7393

[thumbnail of Jurnal Lensa.pdf] Text
Jurnal Lensa.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of Hasil Plagiarisme JURNAL LENSA.pdf] Text
Hasil Plagiarisme JURNAL LENSA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Hasil Peer Review(1).pdf] Text
Hasil Peer Review(1).pdf

Download (672kB)

Abstract

Pentingnya mengukur literasi sains pada pembelajaran IPA merupakan salah satu
capaian pembelajaran dalam menganalisis permasalahan dalam kehidupan nyata.
Tujuan penelitian adalah mengembangkan instrumen penilaian Test of Scientific
Literacy Skills (TOSLS) berbasis daring yang akurat digunakan sebagai salah satu
bentuk inovasi instrumen pada pembelajaran IPA. Penelitian ini termasuk penelitian
pengembangan menggunakan model 4-D. Subjek uji coba yaitu siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Srono, Kabupaten Banyuwangi. Hasil penelitian yaitu (1) Terdapat 40 soal
yang dapat dikatakan valid, (2) Nilai koefisien alpha menunjukkan bahwa nilai
reliabilitas 0,8 yang berarti instrument dapat dikatakan baik dan reliable, (3) Hasil
ujicoba diperoleh rata-rata dari indikator I dan II yaitu 62,84. Terdapat skor tertinggi
yaitu 80,92 pada indikator mengidentifikasi argument saintifik yang tepat, dan
terdapat skor terendah yaitu 40,91 pafa indikator membuat grafik data.

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: E. Fakultas Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: perpus perpustakaan unibabwi
Date Deposited: 10 Jan 2022 08:34
Last Modified: 10 Jan 2022 08:34
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item View Item