Arfiati Ulfa Utami, Ulfa and Indra Kusuma Wardani, Kusuma (2019) PENGEMBANGAN TEST OF SCIENTIFIC LITERACY SKILLS(TOSLS) DALAM PENILAIAN PEMBELAJARAN IPA. Seminar Nasional Pendidikan Sains 2019: 229-233. ISSN 2407-4659
Text
PROSIDING UNS.pdf Download (487kB) |
|
Text
292 HCP PROSIDING UNS-ARFIATI.pdf Download (10MB) |
|
Text
Hasil Peer Review.pdf Download (532kB) |
Abstract
Penilaian merupakan bagian dari proses belajar mengajar. Penilaian bertujuan untuk mengetahui penguasaan peserta didik terhadap fakta, konsep, prinsip, dan hukum-hukum dalam IPA serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik diharapkan dapat menggunakan pemahamannya untuk membuat keputusan serta mampu bersaing di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS) yang valid dan efektif. Penilaian pembelajaran IPA dilakukan dengan
cara menerapkan Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS). Sasaran penelitian adalah peserta didik kelas VII.2 SMPN 1 Srono Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 3D dan desain ujicoba one group pre test post test. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penilaian pembelajaran IPA menggunakan menggunakan Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS) diperoleh presentase 62,52 yang berkategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas dari pengembangan Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS) diperoleh bahwa tes valid dan reliable. Berdasarkan hasil dan temuan�temuan, disimpulkan bahwa penilaian pembelajaran IPA melalui pengembangan Test of Scientific Literacy
Skills (TOSLS) yang telah dikembangkan dan diujicobakan tergolong valid dan efektif sebagai alat ukur pembelajaran IPA.
Kata Kunci: Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS), Pembelajaran IPA
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Cek Plagiasi Jurnal Peer Review |
Divisions: | E. Fakultas Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian |
Depositing User: | perpus uniba admin |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 06:36 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 03:53 |
URI: | http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/494 |
Actions (login required)
View Item |