Arfiati Ulfa Utami, Ulfa and Indra Kusuma Wardani, Kusuma (2019) Evaluasi Pembelajaran IPA di SMP. Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi: 262-267.
Text
Prosiding MIPA UNIBA 2019.pdf Download (447kB) |
|
Text
299 HCP PROSIDING UNIBA-ARFIATI.pdf Download (10MB) |
|
Text
Hasil Peer Review.pdf Download (557kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Srono, Kabupaten Banyuwangi, menggunakan model CIPP (Contexs, Input, Process, Product). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan pembelajaran IPA berkategori baik (88%) berdasarkan kesesuaian antara Rencana Program Pembelajaran (RPP) dengan standar proses pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran IPA berkategori sangat baik (93%) yang ditunjukkan dari kesesuaian antara pelaksanaan pembelajaran dengan standar proses pelaksanan pembelajaran, (3) hasil belajar peserta didik telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan aktualitas ketercapaian 91% yang berkategori sangat baik, dan (4) terdapat kesesuaian antara perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar IPA yang berkategori yang sangat baik (96%) dimana guru melaksanakan pembelajaran sesuai standar proses sehingga pelaksanaan pembelajaran berlangsung efektif.
Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, CIPP, IPA
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Cek Plagiasi Jurnal Peer Review |
Divisions: | E. Fakultas Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian |
Depositing User: | perpus uniba admin |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 06:31 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 03:50 |
URI: | http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/493 |
Actions (login required)
View Item |