Wulan Wangi, Wulan (2020) Analisa Kesalahan Pengucapan Siswa-Siswi pada English Diphtongs Melalui Aplikasi Android “English Pronunciation by Kepham”. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10: 1. pp. 19-20. ISSN 2549-4147
Text
Artikel 1-Wulan Wangi.pdf Download (367kB) |
|
Text
Cek Plagiasi Turnitin Artikel 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
Peer Review 1.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memamparkan data dan mendeskripsikan kesalahan
pengucapan pada English Diphtongs pada siswa-siswa kelas X Jurusan Perikanan
(APHP dan APAT) di SMKN 1 Glagah, Banyuwangi dengan menggunakan
aplikasi android ―English Pronunciation, By Kepham‖. Penelitian ini
menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan beberapa langkah yaitu
identifikasi, kategori, analisis dan menyimpulkan data. Dalam pengumpulan data,
peneliti menggunakan tes pengucapan, kuessioner dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan persentase rata-rata kesalahan pengucapan pada diftong
adalah 55,60% dan persentase ini dikategorikan sebagai kategori ―sedang‖. Jenis
kesalahan pengucapan yang paling sering terjadi adalah substitutions sebanyak
513 kali untuk semua jenis diftong [eɪ], [aɪ], [ɔɪ], [aʊ], [əʊ], [ɪə], [eə], dan [ʊə].
Kesalahan pengucapan pada omissions terjadi 1 kali untuk diftong [eɪ] dan [əʊ].
Kesalahan pengucapan addition terjadi 1 kali pada diftong [eɪ]. Kesalahankesalahan
tersebut terjadi karena 46 dari 58 responden atau 79,31% mengaku
bahwa mereka menggunakan smartphone untuk berinteraksi di dunia maya dan
berdiskusi tentang mata pelajaran lainnya bersama teman-teman mereka. Oleh
karena itu, mereka jarang dan bahkan tidak pernah menggunakan smartphone
untuk belajar bahasa Inggris secara mandiri.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Cek Plagiasi Jurnal Peer Review |
Divisions: | A. Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | perpus perpustakaan unibabwi |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 07:33 |
Last Modified: | 01 Dec 2020 03:13 |
URI: | http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/476 |
Actions (login required)
View Item |