ANALISIS KESULITAN SISWA SMP KELAS VIII DALAM PEMECAHAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS

Novi Prayekti, Novi (2019) ANALISIS KESULITAN SISWA SMP KELAS VIII DALAM PEMECAHAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS. Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuiwangi, 1 (1). pp. 153-159. ISSN 2714-5816

[img] Text
ANALISIS KESULITAN SISWA SMP KELAS VII DALAM PEMECAHAN.pdf

Download (646kB)
[img] Text
Artikel 11.pdf

Download (1MB)
[img] Text
artikel no 11 799-Article Text-1280-1-10-20200217 (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam memecahkan masalah, banyak siswa yang mengalami kesulitan. Kesulitan itu
umumnya terjadi karena siswa tidak memahami inti soal dan tidak mengingat rumus. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kesulitan siswa dalam memecahkan
masalah teorema Pythagoras. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif
dengan jenis studi kasus . Calon subjek adalah siswa SMP kelas VIII sebanyak 5 dan terpilih
2 subjek dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara.
Tes berbentuk soal essay sebanyak 1 butir soal. Tes tertulis digunakan untuk memperoleh
data tentang kesulitan siswa dalam memecahkan masalah, sedangkan wawancara untuk
memperdalam pengetahuan mengenai tingkat kesulitan siswa. Kemudian analisis data
dilakukan dengan menggunakan indikator yang sudah ditentukan peneliti. Indikator penelitian
diadopsi dari teori polya dan dikembangkan oleh peneliti yaitu (1) Memahami masalah; (2)
Membuat Rencana; (3) Menyelesaikan Rencana; dan (4) Melihat Kembali. Berdasarkan hasil
analisis data pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat kesulitan siswa dalam
memecahkan masalah dapat dikategorikan menjadi 2 subjek yaitu subjek yang mempunyai
kesulitan dengan tingkat pemecahan masalah tinggi dan kesulitan dengan tingkat
pemecahan masalah rendah. Kesulitan dengan tingkat pemecahan masalah tinggi
diindikasikan dengan ( memahami masalah, membuat rencana, menyelesaikan rencana dan
melihat kembali) , Kesulitan dengan tingkat pemecahan masalah rendah diindikasikan
dengan ( menyelesaikan rencana dan melihat kembali).

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus uniba admin
Date Deposited: 09 Nov 2020 04:00
Last Modified: 09 Nov 2020 04:00
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/472

Actions (login required)

View Item View Item