EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA

Novi Prayekti, Novi (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3 (1). pp. 35-42. ISSN 2549-1164

[img] Text
Artikel 9.pdf

Download (1MB)
[img] Text
artikel no 9 397-Article Text-587-1-10-20190715.pdf

Download (129kB)
[img] Text
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED INTRUCTION (PBL) TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA.pdf

Download (731kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan tujuan
mengetahui efektivitas penggunaan metode Problem Based Intruction (PBI) terhadap
ketuntasan hasil belajar peserta didik pada materi SPLTV di kelas X. Dengan penggunaan
metode Problem Based Intruction (PBI) di harapkan di jadikan inovasi yang baru.
Penentuan responden dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan
data dilakukan dengan cara tes, observasi, dan angket. Data yang di peroleh kemudian di
analisis secara kualitatif dengan menggunakan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Problem Based Intruction
(PBI) pada materi SPLTV kelas XTKJ di SMK NU Rogojampi dapat di laksanakan
dengan baik. Bahwa hasil tes siswa memperoleh persentase sebesar 92% yang artinya
dalam kriteria sangat baik dan hasil observasi siswa memperoleh persentase sebesar
66,75% yang artinya masuk dalam kriteria baik. Artinya penggunaan metode Problem
Based Intruction (PBI) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi
SPLTV kelas XTKJ di SMK NU Rogojampi.

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus uniba admin
Date Deposited: 09 Nov 2020 03:01
Last Modified: 09 Nov 2020 03:01
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/470

Actions (login required)

View Item View Item