KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

Rachmaniah Mirza H,S.Pd., M.Pd., Mirza (2024) KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. Journal on Mathematics Education, 1 (2): 2023. pp. 110-125. ISSN 30249797

[thumbnail of ARTIKEL-CP VISUAL SPASIAL.pdf] Text
ARTIKEL-CP VISUAL SPASIAL.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of TPJ VISUAL SPASIAL.pdf] Text
TPJ VISUAL SPASIAL.pdf

Download (525kB)

Abstract

Kemampuan visual spasial adalah kemampuan seseorang untuk
membayangkan, menentukan, dan membangun dalam konteks keruangan.
Pembelajaran matematika khususnya geometri membutuhkan kemampuan
visual spasial untuk dapat memahami konsep-konsep keruangan. Salah
satu hal yang mempengaruhi kemampuan visual spasial siswa adalah
perbedaan jenis kelamin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kemampuan visual spasial siswa berdasarkan jenis kelamin di kelas VIII
SMP Al-Irsyad Banyuwangi pada materi bangun ruang sisi datar balok.
Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah
satu siswa perempuan dan satu siswa laki-laki kelas VIII yang memiliki
nilai tes tertinggi dan komunikatif. Pengumpulan data dilakukan dengan
metode tes dan wawancara, yang hasilnya ditriangulasikan berdasarkan
indikator kemampuan visual spasial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
subjek perempuan mampu memenuhi 4 dari 5 indikator yang ditentukan.
Sedangkan subjek laki-laki mampu memenuhi semua indikator yang
ditentukan. Subjek perempuan belum maksimal karena kurang dapat
berimajinasi tentang bidang diagonal pada balok. Penelitian ini dapat
dikembangkan dengan subjek berkemampuan sedang dan rendah, atau
pada subjek di tingkatan lainnya.

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus perpustakaan unibabwi
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:05
Last Modified: 26 Apr 2024 07:05
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/1007

Actions (login required)

View Item View Item