GAME EDUKASI BERBASIS POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN VOLUME GABUNGAN BANGUN RUANG SISI DATAR

Rachmaniah Mirza H,S.Pd., M.Pd., Mirza (2023) GAME EDUKASI BERBASIS POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN VOLUME GABUNGAN BANGUN RUANG SISI DATAR. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (3): 2022. pp. 182-196. ISSN 2579-3977

[thumbnail of ARTIKEL-CP MATH DIDACTIC.pdf] Text
ARTIKEL-CP MATH DIDACTIC.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of TPJ MATH DIDACTIC.pdf] Text
TPJ MATH DIDACTIC.pdf

Download (653kB)

Abstract

Lemahnya kemampuan visualisasi siswa menyebabkan siswa kesulitan menginterpretasi bentuk bangun
ruang. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mempelajari bangun
ruang sisi datar, salah satunya dengan memanfaatkan PowerPoint sebagai game edukasi. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan kualitas hasil pengembangan game edukasi berbasis PowerPoint pada materi volume gabungan
bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP. Penelitian pengembangan dilakukan dengan model ADDIE. Subjek
penelitian ini adalah 60 siswa kelas VIII SMPIT Al-Uswah Banyuwangi. Pengumpulan data dilakukan dengan
metode wawancara, observasi, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode gabungan
(kuantitatif dan kualitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi valid dengan nilai rata-rata 4,39,
praktis dengan nilai rata-rata sebesar 4,67 serta respon siswa termasuk kategori cukup baik dengan nilai rata-rata
sebesar 3,94, serta tidak efektif sesuai analisis hasil tes siswa yang menunjukkan ������� � ��
��. Sehingga
kualitas hasil pengembangan game edukasi berbasis PowerPoint pada materi volume gabungan bangun ruang sisi
datar belum baik dan perlu dilakukan perbaikan. Perbaikan dapat dilakukan khususnya dalam hal suara agar dapat
terdengar lebih jelas.

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus perpustakaan unibabwi
Date Deposited: 06 Nov 2023 02:54
Last Modified: 06 Nov 2023 02:54
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/982

Actions (login required)

View Item View Item