Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter Berorientasi Multikultural

Lutfi Irawan Rahmat, Irawan (2023) Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter Berorientasi Multikultural. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. pp. 2-17.

[thumbnail of buku ajar bahasa indonesia.pdf] Text
buku ajar bahasa indonesia.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of TPJ 205.pdf] Text
TPJ 205.pdf

Download (617kB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar mata kuliah bahasa Indonesia
berbasis pendidikan karakter berorientasi multikultural. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah
mendeskripsikan proses pengembangan buku ajar mata kuliah bahasa Indonesia berbasis pendidikan
karakter berorientasi multikultural agar mencapai kompetensi yang diharapkan secara optimal,
mahaiswa harus mendapatkan pengalaman belajar yang baik selama proses perkuliahan berlangsung.
Salah satu cara agar perkuliahan dapat terlaksana dengan baik adalah dengan menyediakan bahan ajar
yang relevan. Materi mata kuliah Bahasa Indonesia merupakan pembelajaran bahasa Indonesia yang
diarahkan untuk tujuan-tujuan tertentu yang sifatnya akademis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Subjek penelitian
adalah dosen dan mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
studi pustaka, dokumentasi, wawancara, dan angket penilaian prototipe. Tahapan dalam penelitian ini
dimulai dari mengkaji potensi dan masalah, mengumpulkan data, membuat desain produk, memvalidasi
desain produk, merevisi produk, dan menguji coba produk. Hasilnya, Buku ajar yang dikembangkan ini
terdiri atas tiga bagian, yaitu pendahuluan, isi, dan tambahan. Pada bagian pendahuluan terdiri atas
sampul, kata pengantar, dan daftar isi. Bagian isi terdiri tujuh bab utama yaitu bab perkembangan bahasa
Indonesia, ragam bahasa, kata, pemakaian kata, pemakaian tanda baca, kalimat, dantata tulis ilmiah
untuk keperluan akademik. Bagian tambahan berupa lampiran dan daftar pustaka. Hasil dan simpulan
dalam penelitiaan ini, Buku ajar bahasa Indonesia baik digunakan mahasiswa pergurauan tinggi. Buku
ajar ini juga bisa digunakan sebagai pegangan dosen dalam melakukan kegiatan belajar mengajar di
perguruan tinggi.

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: D. Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: perpus uniba admin
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:47
Last Modified: 27 Sep 2023 06:47
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/831

Actions (login required)

View Item View Item