Penerapan Teknologi Produksi dan e-Commerce pada UKM Kerajinan Bambu di Lingkungan Papring, Banyuwangi.pdf

Charis Fathul Hadi, Fathul (2023) Penerapan Teknologi Produksi dan e-Commerce pada UKM Kerajinan Bambu di Lingkungan Papring, Banyuwangi.pdf. Jurnal Teknologi dan Pengabdian Masyarakat, 2 (2): 2022. pp. 1-9. ISSN 2776-974x

[thumbnail of TPJ 198 (PKM ) Penerapan Teknologi Produksi dan e-Commerce pada UKM Kerajinan Bambu di Lingkungan Papring, Banyuwangi.pdf] Text
TPJ 198 (PKM ) Penerapan Teknologi Produksi dan e-Commerce pada UKM Kerajinan Bambu di Lingkungan Papring, Banyuwangi.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of Penerapan Teknologi Produksi dan e-Commerce pada UKM Kerajinan Bambu di Lingkungan Papring, Banyuwangi.pdf.pdf] Text
Penerapan Teknologi Produksi dan e-Commerce pada UKM Kerajinan Bambu di Lingkungan Papring, Banyuwangi.pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Produk kerajinan bambu menjadi salah satu citra pariwisata unggulan bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi. Penerapan teknologi produksi dan digitalisasi pemasaran akan berdampak pada peningkatan keunggulan unit usaha kecil menengah (UKM). Sebagai salah satu sentra utama kerajinan Bambu di Kabupaten Banyuwangi, Kampoeng Batara, Papring adalah UKM yang mengalami dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19. Kondisi ini berpengaruh terhadap keberlanjutan usaha mitra. Hasil identifikasi menunjukkan terjadi penurunan permintaan pasar yang membuat mitra mengalami kehilangan omset hingga mencapai 80%. Disisi lain mitra tidak memiliki alternatif pasar karena keterbatasan jenis produk dan pengetahuan tentang pengelolaan pasar digital. Solusi yang diterapkan yaitu peningkatkan inovasi dan efisiensi produksi melalui penerapan teknologi produksi, dan sarana pemasaran produk berbasis digital. Metode pelaksanaan program kemitraan masyarakat dilakukan dalam bentuk penerapan teknologi mesin bubut dan penerapan teknologi promosi dan pemasaran berbasis web e-commerce. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa melalui teknologi mesin bubut telah memberikan penambahan variasi produk baru berupa mangkuk, gelas, dan kerajinan diluar dari variasi anyaman yang sudah biasa diproduksi. Mitra juga mampu memanfaatkan teknologi e-commerce sebagai media untuk mengenalkan produk kerajinan serta memberikan informasi secara detail tentang identitas UKM yang berdampak pada peningkatan daya saing mitra.

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: F. Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: perpus uniba admin
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:34
Last Modified: 14 Sep 2023 02:34
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item