Identifikasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Permainan Anak Tradisional

Arie Ramadhani, Arie (2023) Identifikasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Permainan Anak Tradisional. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga,, 1 (1): 2018. pp. 6-10. ISSN 2622-0156

[thumbnail of SK3I 015.pdf] Text
SK3I 015.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SK TPJ 009nilai2 p karakter.pdf] Text
SK TPJ 009nilai2 p karakter.pdf

Download (601kB)

Abstract

Olahraga memiliki nilai-nilai pendidikan karakter. Permainan anak tradisional sebagai bagian aktivitas fisik
juga memiliki nilai-nilai pendidikan karakter. Permainan anak tradisional cenderung tidak menarik untuk dimainkan.
Hal ini salah satunya disebabkan oleh pengaruh arus modernisasi dengan jenis permainan modernnya. Penulisan
artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam permainan tradisional anak-anak
sebagai upaya untuk melestarikan permainan tradisional. Identifikasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam
permainan tradisional anak-anak dilakukan dengan kajian literatur publikasi hasil-hasil penelitian berbasis internet.
Hasil identifikasi ditampilkan dalam bentuk tabel dan selanjutnya dianalisis untuk mendapatkan nilai-nilai pendidikan
karakter yang dominan dalam permainan anak tradisional. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa permainan
tradisional anak memiliki nilai pendidikan karakter. Aspek karakter personal dan karakter sosial banyak ditemukan
di permainan tradisional. Aspek lainnya adalah karakter kebangsaan dan karakter keagamaan.

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: B. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: perpus perpustakaan unibabwi
Date Deposited: 09 May 2023 06:47
Last Modified: 19 Jun 2023 06:22
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item