PENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP AL-ANWARI

Barep Yohanes, Yohanes (0028) PENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP AL-ANWARI. JURNAL EDUPEDIA. pp. 190-200. ISSN 2614-4409 (

[thumbnail of B1. ARTIKEL HILMA.pdf] Text
B1. ARTIKEL HILMA.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of B2. bukti plagiasi.pdf] Text
B2. bukti plagiasi.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of B. Edupedia 1.pdf] Text
B. Edupedia 1.pdf

Download (682kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi matematika siswa.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al-Anwari dengan jumlah sampel sebanyak 48 orang yang
ditentukan berdasarkan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Jenis penelitian yang digunakan oleh
peneliti adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang berlandaskan pada filsafat
positivisme, digunakan untuk memeliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada
umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat
kuantitatif/statistik. Penentuan daerah penelitian dilakukan dengan metode purposive area. Purposive area adalah
penentuan daerah berdasarkan tujuan tertentu. Penentuan responden penelitian dilakukan dengan teknik
probability sampling menggunakan metode simple random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes kinerja
(praktik) dan tes tulis prestasi belajar matematika siswa. Tes kinerja Al-Qur’an yaitu siswa membaca ayat Al�Qur’an yang telah dihafalnya dan tes tulisprestasi matematika berupa tes uraian untuk mengetahui prestasi
matematika siswa. Instrumen tes terlebih dahulu di validasi oleh validator untuk mengetahui kevalidan instrumen
tes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian
menunjukan bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan antara menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi
matematika siswa dengan diperoleh model regresi Y = 36,789 + 0,332X.

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus perpustakaan unibabwi
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:42
Last Modified: 13 Dec 2022 03:29
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item View Item