Identifikasi Dini Guna Mengoptimalkan Kemampuan Bahasa pada Anak Tuna Rungu Usia Pra Sekolah

Harwanti noviandari, Harwanti and Agus Mursidi, Agus (2022) Identifikasi Dini Guna Mengoptimalkan Kemampuan Bahasa pada Anak Tuna Rungu Usia Pra Sekolah. Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 6 (1). pp. 39-53. ISSN 2715-6206

[thumbnail of 1. Peerreviu_Harwanti Noviandari Identifikasi Dini Guna Mengoptimalkan Kemampuan Bahasa pada Anak Tuna Rungu Usia Pra Sekolah.pdf] Text
1. Peerreviu_Harwanti Noviandari Identifikasi Dini Guna Mengoptimalkan Kemampuan Bahasa pada Anak Tuna Rungu Usia Pra Sekolah.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 1. HCP HARWANTI.pdf] Text
1. HCP HARWANTI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan berbahasa dibutuhkan anak dalam berkomunikasi denganorang lain sehingga anak perlu membentuk bahasa baik secara lisan maupun bahasaisyarat untuk menyampaikan pesan. Terbatasnya fungsi pendengaran pada anaktunarungu membuat mereka tidak dapat mendengar dengan baik. Kondisi tersebut mengakibatkan anak tuna rungu mengalami hambatan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pemilihan responden dengan teknik snow ball, dimana sampel adalah pihak-pihak yang dianggap paling tahu tentang apa yang kita harapkan. Pihakpihak yang tahu mengenai kondisi anak di sekolah yakni: kepala sekolah, guru kelas di Lembaga PAUD Kecamatan Banyuwangi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di 17 Lembaga PAUD Kecamatan Banyuwangi, terdapat anak yang mengalami keterlambatan bicara pada 10 Lembaga PAUD di Kecamatan Banyuwangi. Hasil temuan juga menunjukkan hanya di SPS Cerdas ditemukan anak yang terindikasi gangguan pendengaran. Hal-Hal yang perlu mendapat perhatian, antara lain: 1) Pentingnya peran orang tua guna mengoptimalkan kemampuan berbahasa pada anak, 2) Pentingnya terjalin komunikasi dua arah antara orang tua dan pihak sekolah untuk lebih memahami kondisi khusus pada anak, 3) Kesadaran masyarakat yang kurang memahami tugas-tugas anak dalam tahapan perkembangannya, 4) Peran pemerintah dibutuhkan dalam melengkapi fasilitas secara medis bagi anak-anak dengan kondisi khusus

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: B. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: perpus perpustakaan unibabwi
Date Deposited: 07 Mar 2022 03:24
Last Modified: 01 Aug 2022 05:38
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item