Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Langkah-Langkah Pemecahan Masalah Polya

Novi Prayekti, Novi (2019) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Langkah-Langkah Pemecahan Masalah Polya. Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1 (1). pp. 107-114. ISSN 2714-5816

[img] Text
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP.pdf

Download (741kB)
[img] Text
Artikel 10.pdf

Download (1MB)
[img] Text
artikel no 10 789-Article Text-1258-1-10-20200214.pdf

Download (717kB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu pasti yang harus dipelajari oleh siswa mulai dari pendidikan paling dasar sampai ke Perguruan
Tinggi. Matematika sangat berperan penting dalam memecahkan suatu masalah dikehidupan sehari-hari, sehingga kita perlu
mempelajari, memahami, dan menguasai ilmu matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan kemampuan
pemecahan masalah siswa SMP dalam memecahkan masalah aritmatika sosial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas VIII SMP. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Tes berupa 1 soal uraian yang digunakan untuk mengetahui
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan wawancara yang digunakan untuk memperoleh informasi secara
mendalam tentang langkah-langkah siswa dalam memecahkan masalah. Polya mengungkapkan 4 langkah pemecahan masalah,
yaitu menganalisa masalah, merencanakan strategi, melaksanakan strategi, dan mengevaluasi hasil jawaban. Berdasarkan
analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat 3 pengklasifikasian kemampuan siswa, yaitu kemampuan tinggi, kemampuan
sedang, dan kemampuan tinggi. Siswa dengan pengklasifikasian kemampuan tinggi dalam memecahkan masalahnya minimal
memenuhi 3 indikator, yaitu menganalisa masalah, merencanakan strategi dan melaksanakan strategi. Siswa dengan
pengklasifikasian kemampuan sedang dalam memecahkan masalahnya minimal memenuhi 2 indikator, yaitu memahami masalah
dan merencanakan strategi. Siswa dengan pengklasifikasian kemampuan rendah dalam memecahkan masalahnya minimal
memenuhi 1 indikator, yaitu memahami masalah.

Item Type: Article
Subjects: Cek Plagiasi
Jurnal
Peer Review
Divisions: C. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus uniba admin
Date Deposited: 09 Nov 2020 03:47
Last Modified: 09 Nov 2020 03:47
URI: http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item View Item